Selasa, 01 Februari 2011

Illustrasi respon

Teringat sebuah illustrasi wortel, telur, dan kopi


Ada perbedaan yang terjadi ketika masing-masing dimasukkan kedalam air yang mendidih.
Wortel mulanya keras, tapi setelah dimasukkan kedalam air mendidih, yang terjadi adalah, menjadi lembek, rapuh, gampang hancur.
Telur mulanya lembek sekali, tapi setelah dimasukkan kedalam air mendidih, yang terjadi adalah menjadi kaku, alias keras.
Kopi mulanya keras, tapi setelah dihancurkan di mesin penggiling dan di masukkan kedalam air mendidih, yang terjadi tidak hanya menyatu dengan air panasnya, tapi ia mengeluarkan harum yang wangi. Gw saja yg bukan penggemar kopi, tapi g sangat menyukai wangi kopi.

Sama halnya dengan diri kita, ketika dihadapkan dengan masalah (air mendidih), ada 3 respon yang terjadi.
Mungkin kita seperti wortel yang terlihat kuat diluar, padahal di dalam kamar, dibawah bantal, nangis sejadi2nya, dan tidak ada semangat hidup lagi, hancur hati sampai rasanya gak mo ngapa2in lagi.
Ato mungkin seperti telur, terlihat lembek diluar, tapi bebal dinasihatin, satupun tidak mau didengar. menjadi keras kepala.
ato seperti kopi, respon yang diberikan adalah keharuman yang tercium kesemua orang, menjadi berkat, dan menghibur orang2 yang memerlukan kekuatan.

Respon yang mana kita, ketika kita di masukkan ke dalam air mendidih? Menjadi lemah, menjadi keras atau keharumannya tercium? Semua adalah keputusan kita sendiri, karena Tuhan menciptakan kita special, berhak memilih. Choose the right one!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar